Alamat Redaksi:

Ciwidey Pertengahan Kav. Kebun 9 No. 79,
Kelurahan Hajarsari, Kecamatan Bandung Utara
Kota Bandung
Jawa Barat

Ide Bisnis Sekolah Seni

Ide Bisnis Sekolah Seni, Apakah Menjanjikan?

Coba anda lihat di sekitar Anda. Seni banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda melihat bangunan-bangunan dengan desain yang artistik? Apakah anda pernah melihat coretan-coretan indah di tembok jalan raya? Apakah Anda pernah mendengar permainan gitar yang menawan?

Saya yakin Anda pernah mengamatinya.

Sekolah seni akan membantu kelangsungan hidup pemasok barang-barang kesenian berikut pengecernya. Jika Anda sudah memiliki toko barang-barang seni, langkah ini sangat saya rekomendasikan untuk Anda. Sebab Anda melakukan langkah yang benar, dengan membangun Sekolah Seni, Anda telah membuat diferensiasi produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

Kalau pun belum, ini merupakan peluang bagi Anda. Tampaknya masyarakat kita telah terbiasa menghargai keindahan dan karya seni dalam kehidupan sehari-harinya. Bagaimana tidak? Lihatlah di sekeliling Anda lagi. Misalkan seseorang membutuhkan sebuah Handphone untuk berkomunikasi,

Apakah dia akan membeli handphone murah? Tidak, dia cenderung membeli handphone yang bagus. Untuk apa? Agar bisa mengambil foto dengan hasil terbaik.

Tertarik untuk membangun Sekolah Seni? Baca artikel ini sampai akhir. Saya akan sampaikan langkah-langkah untuk merealisasikannya.

Memilih Bidang Seni

Seni sendiri banyak macamnya. Ada seni musik, seni lukis, seni tari, seni akting dan lain-lain. Dari sekian banyak bidang seni, Anda harus memilih salah satunya. Pilihlah satu saja untuk alasan kemudahan dan biaya di awal. Anda boleh memilih beberapa bahkan semua bidang seni, tapi itu akan membutuhkan dana besar. Karena itu, saya sarankan untuk memilih satu saja.

Pilihlah bidang seni yang Anda sukai atau Anda kuasai. Jangan memilih hal yang tidak Anda sukai. Saya tidak ingin anda tersiksa karena pilihan anda. Saya ingin anda bahagia melakukannya. Memilih bidang yang Anda kuasai akan memberikan kesan profesional terhadap Sekolah Seni Anda. Apalagi jika Anda telah dikenal baik di bidang seni tersebut.

Persiapan dan Infrastruktur yang dibutuhkan

Tidak ada bisnis yang dilakukan tanpa perencanaan. Jika Anda bersikukuh melakukannya tanpa ada gambaran jelas dari awal, Anda akan gagal.

Infrastruktur yang dibutuhkan akan bergantung kepada bidang jenis seni yang Anda pilih. Jika Anda memilih seni musik. Maka alat-alat musik harus tersedia. Jika tidak bisa memenuhi, Anda boleh memperkecil cakupannya menjadi Sekolah Belajar Gitar. Jadi Anda hanya butuh beberapa gitar untuk memulai bisnis dan mendapatkan keuntungan.

Selanjutnya tempat. Apakah anda akan menyewa gedung? Membangun gedung sendiri? Atau memakai sebuah ruang di dalam rumah anda?

Dan yang paling penting adalah siapa yang akan mengajar? Apakah Anda sendiri? Apakah pengajar lain? Jika orang lain bagaimana anda merekrutnya? Bagaimana penggajianya?

Pemasaran

Jika anda telah merasa yakin, dan telah memilik gambaran yang jelas tentang bisnis Anda barulah Anda melakukan pemasaran. Memperkenalkan Sekolah Seni Anda.

Untuk memasarkan, anda membutuhkan segmentasi pasar. Coba anda melakukan riset kecil-kecilan kemudian kelompokkan mereka ke dalam kelompok-kelompok kecil. Ini akan membantu Anda fokus hanya memasarkan bisnis Anda kepada target pasar.

Misalkan Anda mengelompokkan mereka ke dalam kemampuan mereka memainkan musik. Anda mungkin mensegmentasikan menjadi: pemula, pemusik biasa dan pemusik expert. Kemudian anda menghitung kemampuan yang bisa Anda berikan. Jika Anda merasa tidak mampu melayani pasar pemusik expert, maka Anda harus meninggalkan pasar itu. Beralihlah dan fokuskan kepada target pasar pemula, atau mungkin pemusik biasa.