Alamat Redaksi:

Ciwidey Pertengahan Kav. Kebun 9 No. 79,
Kelurahan Hajarsari, Kecamatan Bandung Utara
Kota Bandung
Jawa Barat

Manfaat Program Membaca untuk Pengembangan Diri

Manfaat Program Membaca untuk Pengembangan Diri

Semua orang bisa membaca, tetapi tidak semua orang memiliki program membaca. Saya yakin kamu tidak sedang belajar membaca. Kamu sedang membaca artikel ini, kan?

Jadi, apakah Anda memiliki program membaca reguler? Maksud saya, bukan hanya buku, tapi blog, majalah, koran, atau apa saja yang mengajarkan ilmu? Atau apakah itu sesuatu yang hanya Anda lakukan jika Anda punya waktu dan ingat? Sejujurnya, menurut saya memiliki program membaca reguler adalah ide yang bagus. Ini cara yang bagus untuk tetap mendapat informasi dan memperluas wawasan Anda. Plus, ini adalah aktivitas yang dapat Anda lakukan di waktu luang dan juga cara yang bagus untuk bersantai. Selain itu, jika Anda menjadikannya kebiasaan, Anda akan menemukan diri Anda menantikan untuk membaca dan memperoleh pengetahuan baru setiap hari. Itu sebabnya saya selalu menyarankan menyisihkan waktu setiap hari atau sepekan untuk membaca sesuatu yang menarik minat Anda.

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri. Melalui buku dan bahan tertulis lainnya, kita dapat mempelajari informasi dan ide baru. Namun masih banyak lagi keuntungan membaca di luar keuntungan umum tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat utama membentuk program membaca sebagai bagian dari hidup Anda:

Pertama, membaca memberikan stimulasi dan latihan mental. Melalui membaca, Anda dapat menantang diri sendiri untuk belajar dan memikirkan topik yang kompleks, memaksa otak Anda untuk tetap aktif dan tajam. Ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda, serta ingatan Anda. Membaca juga mendorong kreativitas, karena memungkinkan Anda menjelajahi berbagai perspektif dan mendapatkan wawasan baru tentang dunia di sekitar Anda.

Kedua, membaca bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi stres dan bersantai. Penelitian telah menunjukkan bahwa membaca bahkan hanya beberapa menit dapat membantu mengurangi tingkat stres dan menciptakan rasa tenang. Stres ini bisa menjadi gangguan besar dari kecemasan kehidupan sehari-hari, dan tindakan berfokus pada kata-kata dan cerita dapat membantu mengurangi stres.

Selain itu, membaca dapat membawa kita ke dunia lain, memungkinkan kita melarikan diri dan melupakan masalah kita, meskipun hanya untuk sementara. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sussex menemukan bahwa membaca dapat menurunkan tingkat stres hingga 68%. Jadi, saat Anda merasa kewalahan, luangkan waktu sejenak untuk mengambil buku dan biarkan diri Anda dibawa ke dunia lain.

Ketiga, ada banyak peristiwa di luar pengalaman hidup kita sendiri yang tidak akan pernah kita pahami atau alami sepenuhnya. Kita sering lupa bahwa kehidupan individu kita begitu terbatas dan kecil jika dibandingkan dengan kehidupan jutaan bahkan mungkin miliaran orang di dunia. Mereka memiliki pengalaman yang tidak pernah benar-benar bisa kita pahami, dan peristiwa kehidupan yang tidak pernah bisa kita pahami.

Kita hanya dapat membayangkan betapa banyak pengetahuan dan kebijaksanaan yang dapat dimiliki oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, yang hidup melalui peristiwa kehidupan yang berbeda. Begitu banyak dunia yang terlarang bagi kita, dan kehidupan orang lain bisa terasa begitu jauh dan tidak dapat dihubungkan.

Dengan meluangkan waktu untuk beberapa lembar surat kabar, kita bisa mengetahui apa yang terjadi. Dan dari sana kita bisa mengambil pelajaran.

Keempat, Perkembangan teknologi makin cepat dan masalah makin rumit.

Era ini adalah era yang berjalan dengan kecepatan sangat tinggi. Dunia kita menjadi jauh lebih efisien dan ramping dengan munculnya teknologi, memungkinkan kita untuk melangkah lebih cepat dan lebih jauh dari sebelumnya. Kita telah melihat kemajuan pesat dalam teknologi otomatisasi dan transportasi, dari mobil tanpa pengemudi hingga drone yang dapat mengirimkan barang kepada kita dalam waktu singkat. Dengan tingkat kemajuan teknologi yang luar biasa yang kita lihat, tidak sulit membayangkan bahwa dalam waktu dekat, akan ada sesuatu yang lebih maju dan efisien daripada mobil yang membawa kita ke tempat kerja.

Tapi pertanyaannya, dari mana kita tahu perubahan sedang terjadi? Dari membaca.

Dan sebagai akibat logis karena perkembangan yang cepat. Coba bayangkan masalah yang terjadi hari ini, jika dilihat dari asumsi masalah lalu kita akan merutuk, “Kok bisa seperti ini?” Tapi sekarang bisa terjadi hal di luar nalar! Bagaimana kita menyelesaikan? Mencegah itu terjadi?

Kelima, kita butuh kecepatan. Sepertinya hidup kita ini akan semakin mirip dengan perang. Setiap orang, kondisi-situasi, medan, saling berlomba berebut menghancurkan kita. Bagaimana kita menghadapinya? Seni perang mengatakan bahwa semua perang bergantung kepada kecepatan. Sebagaiman kata ahli perang Sun Tzu kita harus mampu bertidak dengan kecepatan tinggi. Berikut kutipan kalimatnya:
“Bahwa pasukan yang datang terlebih dahulu akan memperoleh kemenangan yang lebih besar dibanding dengan pasukan yang datang tergesa-gesa.”

Pertanyaan tentang bagaimana kita dapat bertindak dengan kecepatan tinggi adalah pertanyaan yang menarik, dan jawabannya terletak pada sains. Tapi dari mana ilmu ini berasal? Jawabannya sederhana namun mendalam: baca. Melalui membaca kita memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang dunia di sekitar kita, tidak terkecuali kemampuan untuk bertindak dengan kecepatan tinggi.

Dengan membaca kita dapat memperoleh wawasan dan pemahaman yang diperlukan untuk dapat bertindak cepat dan efisien. Ini terutama benar dalam hal pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, dimana kemampuan untuk membuat keputusan yang cepat dan terinformasi adalah yang terpenting. Membaca memberi kita informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan itu dan untuk dapat bertindak dengan kecepatan tinggi.