Alamat Redaksi:

Ciwidey Pertengahan Kav. Kebun 9 No. 79,
Kelurahan Hajarsari, Kecamatan Bandung Utara
Kota Bandung
Jawa Barat

Cara Sederhana Pencarian Bakat

Cara Sederhana Memudahkan Pencarian Bakat

Pencarian bakat biasanya dilakukan dengan melakukan test psikologi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara lain. Yaitu dengan cara manual.

Ok, Anda mungkin ingin mencari bakat Anda. Bakat, tidak bisa saya pungkiri merupakan faktor yang cukup penting bagi kesuksesan seseorang. Saya tidak menampikkan peran minat dan usaha Anda. Tetapi bakat juga harus kita perhatikan.

Jangan khawatir, semua orang mempunyai bakat. Hal yang perlu kita lakukan hanyalah bagaimana kita menemukannya.

Seperti yang saya katakan di atas, pada umumnya pencarian bakat dilakukan dengan melakukan test psikologi. Ini saya sarankan buat Anda yang memiliki cukup dana. Tetapi bagi Anda yang ingin mengetahui cara gratis, mari saya tunjukkan cara sederhana.

Tapi perlu Anda ketahui, pencarian bakat ini membutuhkan kejujuran dan perenungan Anda. Itu faktor penting dari cara yang akan saya sampaikan di sini. Saya yakin Anda bisa.

Cara Pencarian Bakat Secara Manual

Secara umum pencarian bakat secara manual ini dengan jalan menuliskan perjalanan hidup Anda sendiri. Kita namakan itu sebagai otobiografi. Anda tidak perlu khawatir dengan kemampuan menulis Anda. Paling tidak kita tidak terlalu membutuhkannya dalam usaha pencarian bakat ini, karena kita tidak berencana menerbitkannya ke media cetak atau buku.

Cara pencarian bakat tipe ini merekonstruksi perjalanan hidup Anda. Berikut 3 cara sederhana yang bisa Anda lakukan, di dalam otobogiografi itu. Tekankan pada 3 hal ini:

  1. Pengalaman Sukses

Pencarian bakat ditujukan untuk mencari kemampuan diri kita untuk mempelajari atau melakukan sesuatu lebih cepat dari orang lain. Karena itu, pengalaman sukses Anda di masa lalu cukup menjadi bukti. Cobalah untuk mengingat pencapaian-pencapaian dan prestasi yang pernah Anda raih.

Pengalaman sukses ini meliputi bidang akademik dan non akademik. Tuliskan saja apa yang Anda ingat. Pengalaman sukses ini bukan berarti Anda harus juara, tetapi bisa saja Anda tidak juara tapi pencapaian itu cukup mengagumkan. Misalnya? Mampu mengalahkan orang yang pernah juara tenis bulu tangkis antar Kecamatan.

  1. Ingat Pelajaran-Pelajaran Sekolah Anda

Pelajaran sekolah kita, mulai dari SD sampai lulus kuliah sangat lengkap. Itu akan membahas seluruh ilmu. Meski pun pada ilmu pengetahuan tertentu cuma dibahas di dasar-dasar saja.

Ingat atau lihat langsung catatan prestasi belajar Anda seperti rapor. Pelajaran apa saja yang Anda bisa mendapatkan nilai yang paling baik. Tapi jangan terjebak dengan nilai itu, pastikan nilai itu Anda dapatkan dengan rajin belajar keras. Ini untuk memastikan pencarian bakat Anda tidak terlalu meleset.

  1. Identifikasi Bidang Anda Unggul

Inilah tahap terpenting dari pencarian bakat sederhana ini. Perlu diingat, ini memerlukan kejujuran dan ketajaman perenungan diri Anda. Identifikasi dari kedua langkah di atas sektor mana Anda unggul. Ekonomi? Eksakta? Politik?

Untuk memudahkan Anda, jangan terpaku pada dua langkah di atas, tapi juga analisis sektor yang Anda simpulkan. Jika Anda menyimpulkan Anda unggun di sektor politik. Maka analisis sektor politik mengharuskan Anda memiliki kemampuan apa saja. Kemudian cek kembali kepada hasil dari dua langkah di atas.

Hal itu bertujuan untuk melakukan cek silang. Untuk memastikan kesimpulan kita tidak salah.

Bonus tips: Untuk memudahkan Anda melakukan pencarian bakat, Anda mungkin perlu bantuan teman. Tanyakan kepada teman-teman masa kecil, teman sekolah Anda dan keluarga dan orang tua Anda. Jadikan informasi dari mereka sebagai referensi.